Pertempuran Marathon 490 Sm

Ilustrasi panasnya Pertempuran Marathon. Foto: Pinterest

Pertempuran Marathon dilancarkan di Dataran Maraton di timur laut Attica pada 490 SM. Menandai pukulan awal Perang Yunani-Persia. Dengan orang-orang Persia yang mendekati ibukota Yunani, majelis Jenderal Athena Miltiades mengambil alih komando tentara yang diformasikan dengan sangat cepat. Miltiades menggunakan strategi yang sukses di mana ia melemahkan pusat kekuatannya buat memperkuat sayapnya, menyebabkan kebingungan di kalangan orang Persia.

Kemenangan "orang-orang Marathon" menangkap imajinasi kolektif orang-orang Yunani, dengan cerita utusan yang berjalan sejauh 25 mil ke Athena buat menyampaikan kabar kemenangan Yunani. Hal tersebut mendorong terciptanya lari maraton modern.

Orang-orang Yunani tidak dapat berharap buat menghadapi kontingen kavaleri Persia di dataran terbuka, tapi sebelum fajar, orang-orang Yunani mengetahui jika kavaleri tersebut buat sementara absen dari perkemahan Persia, dimana Miltiades memerintahkan serangan umum terhadap infanteri Persia.

Dalam pertempuran berikutnya, Miltiades memimpin kontingennya sebesar 10.000 orang Athena serta 1.000 warga Plataeans buat meraih kemenangan atas kekuatan Persia sebesar 15.000 pasukan dengan memperkuat sisi-sisi pejalannya serta dengan demikian menarik pasukan terbaik Persia buat mendorong kembali pusatnya.
Pertempuran di pesisir pantai. Foto: Ancient Greek Battles
Untuk memenuhi kekuatan penyerbuan yang lebih besar, komandan Milisiade Athena memperlemah serangan serta memperkuat sisi sayap pasukan, dengan harapan para hoplites bisa bertahan di tengah, sementara sayapnya menerobos infanteri Persia yang lebih ringan. Sebenarnya, Athena Sudah kacau, tapi cukup lama bagi orang Atena buat mengusir sayap Persia serta bertemu di belakang, menyebabkan kepanikan umum di antara penduduk.

Pasukan Persia mulai menarik mundur pasukan mereka. Persia Sudah kehilangan 6.400 pasukan tewas, semantara orang Yunani kehilangan 192 pria, termasuk Callimachus. Pertarungan tersebut membuktikan keunggulan tombak panjang, pedang, serta baju besi Yunani atas senjata Persia.

Hampir seketika, kemenangan "orang-orangg Marathon" menangkap imajinasi kolektif orang-orang Yunani. Gundukan upacara pemakaman dari 225 orang Athena yang legendaris serta orang-orang Platae yang setia didirikan di medan perang. Epigrams disusun serta mural panorama dipajang. Tak mengherankan: ini ialah jam terbaik di Athena, dikala yeomen demokratisnya sendiri Sudah mengalahkan kekuatan kekaisaran Persia.

Menurut legenda, seorang utusan Athena dikirim dari Marathon ke Athena, dengan jarak tempuh sekitar 25 mil (40 km), serta di sana, ia mengumumkan kekalahan Persia sebelum meninggal karna kelelahan.

Kisah ini menjadi basis perlombaan lari maraton modern. Herodotus, menceritakan jika pelari yang terlatih, bernama Pheidippides, dikirim dari Athena ke Sparta sebelum pertempuran buat meminta bantuan dari orang-orang Sparta.  Pheidippides dikatakan Sudah berlari menempu jarak 150 mil (240 km) dalam waktu sekitar dua hari.

Kerugian: Persia, 6.000 tewas dari 20.000; Yunani, 200 tewas dari 10.000.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel