Kelahiran Serta Pengertian Nasionalisme


- Nasionalisme merupakan konsep yang muncul di Barat sejak abad ke-17. Pada abad ini, Inggris muncul selaku bangsa yang disegani serta dianggap mampu memimin Eropa. Pada abad ini juga merupakan masa dimana pergerakan sosial begitu masif dalam perjuangan kemerdekaan, kemerdekaan individu serta kemerdekaan berpikir serta berpendapat.

Seperti apa yang kita ketahui apabila pelopor Nasionalisme ialah John Locke, filsuf yang lahir pada 29 Agustus 1632. John Lock menekankan pada pemikirannya tentang kemerdekaan individu, kemuliaan serta kebahagiaan yang merupakan unsur dari hak asasi manusia dari kehidupan manusia.

Dalam perkembangannya, gerakan sosial di Inggris memengaruhi pula bangsa Perancis. Nasionalisme yang berkembang di Perancis dipengaruhi oleh renaisans yang menginginkan kebebasan dari pengawasan gereja. Pelopor Nasionalisme Perancis ialah J.J. Rousseau yang berpendapat apabila masyarakat politik sejati cuma bisa didasarkan atas sifat-sifat luhur warganya serta cintanya kepada tanah air. 

Puncak gerakan nasionalisme terjadi pada pertama abad ke-20 yang muncul dari semangat kemerdekaan, keinginan bebas dari penjajahan, humanisme, serta perlawanan terhadap kolonialisme serta imperialisme yang muncul di Asia serta Afrika.

Ada beberapa pengertian tentang nasionalisme, antara lain nasionalisme bisa dipahami selaku bersatunya sekelompok individu dengan individu lain sebab adanya dorongan kemauan serta kebutuhan psikis. Dorongan yang lain ialah kesatuan perasaan serta perangai yang muncul sebab adanya persamaan nasib. Nasionalisme mengarah pada upaya pembentukan negara. Oleh sebab itu, nasionalisme juga berarti kesetiaan tertinggi seorang individu yang diberikan kepada negara serta bangsanya.

Dengan demikian kita mengetahui apabila Nasionalisme berkaitan dengan eksistensi sebuah kelompok atau bangsa serta adanya keinginan buat bersatu meskipun beragam perbedaan ada di antara mereka. Keinginan itu biasanya muncul dikala adanya tekanan dari bangsa lain dalam bentuk penjajahan atau kolonialisme. 

Secara politis Nasionalisme ialah gerakan yang berusaha menghancurkan kolonialisme buat membangun negara bangsa yang merdeka. Gerakan itu makin efektif dikala didukung oleh adanya perasaan senasib sependeritaan serta kesadaran kebangsaan dari warganya. Nasonalisme juga merupakan cara buat mencintai tanah kelahiran, bangsanya, serta kewarganegaraan yang mengikat pada diri seseorang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel