Aktifkan Https Di Blog Dengan Custom Domain

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain, Cara Menggunakan HTTPS di Blogger. Kita semua tahu kalau platform Blogger sudah memberikan sertifikat SSL HTTPS gratis buat penggunanya, serta itu merupakan nilai lebih menggunakan Blogspot. Tapi kita juga tahu kalau sertifikat SSL ini cuma tersedia buat subdomain blogspot, artinya jika kamu menggunakan domain khusus di blog, maka kamu tak dapat menambahkan atau mengaktifkan sertifikat SSL (HTTPS) gratis di blog.

Kabarnya Google sudah merilis fitur ini buat domain khusus. Jadi, kamu bisa mengaktifkan HTTPS di blog blogger kamu secara gratis meskipun kamu menggunakan nama domain khusus buat blog kamu.

Apa itu HTTPS?


HTTPS (HTTP Secure) merupakan menyesuaikan diri dari Hypertext Transfer Protocol (HTTP) buat mendapatkan komunikasi yang aman lewat jaringan komputer. Jadi, HTTPS merupakan versi aman dari HTTP.

Perbedaan antara HTTP serta HTTPS


HTTP tak dienkripsi serta rentan terhadap serangan cyber serta dapat memberikan akses kepada penyerang buat mendapatkan informasi yang sensitif seperti transaksi keuangan, juga memodifikasi halaman web buat menyuntikkan perangkat lunak atau software perusak atau iklan. Sedangkan HTTPS dirancang buat menahan serangan semacam itu serta dianggap aman terhadap serangan cyber (kecuali versi SSL yang lebih tua serta sudah tak berlaku lagi).

Keuntungan menggunakan Sertifikat SSL (HTTPS) buat Blog / Website
  • Blog anda bakal terlihat lebih profesional
  • Sertifikat SSL bakal membuat koneksi yang aman antara pengunjung serta blog
  • Dengan menggunakan HTTPS, peringkat blog anda di Google serta mesin pencari lainnya bakal meningkat 

Manfaat signifikan dari penggunaan HTTPS ialah peningkatan peringkat SERP, serta Google bakal memberi peringkat 30% dari situs web di halaman kesatu yang disertifikasi SSL, sehingga kamu mempunyai kesempatan yang besar buat membuat blog kamu lebih SEO Friendly serta mengalahkan pesaing kamu.

Tapi di bawah ini ada beberapa kekurangan buat mengaktifkan sertifikat HTTPS di blog Blogger. kekurangannya yakni:
  • Saat melaksanakan migrasi blog dari HTTP ke HTTPS, lalu lintas blog bakal menurun selama beberapa hari sampai Google merayapi serta mengindeks semua URL Blog kamu dengan HTTPS.
  • Jika kamu menghapus HTTPS serta mengaktifkan kembali HTTP, situs kamu bakal kehilangan lalu lintas pengunjung. serta kabarnya kemungkinan Google bakal menghapus blog kamu.

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain Aktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain

Bagaimana Cara Memasang HTTPS di Blog yang Menggunakan Custom Domain?



Silahkan buka alamat https://draft.blogger.com/ pada browser.

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain Aktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain

Setelah itu pilih menu Setelan > Dasar > HTTPS, kemudian klik pilihan Ya pada menu Ketersediaan HTTPS.


Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain Aktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain

Pada tahap ini kamu sudah selesai Mengakrifkan Fitur HTTPS di Blog dengan Custom Domain. Langkah selanjutnya ialah melaksanakan perubahan pada template blog agar blog kamu mendukung HTTPS.

Silahkan ganti semua url dengan awalan http:// menjadi https://

Untuk mempermudah mengganti alamat. gunakan opsi pencarian dengan cara CTRL + F kemudian cari kode "http:" kemudian ganti menjadi "https:"

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain Aktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain

Submit Domain baru di Google Webmaster Tool


Silahkan kunjungi https://www.google.com/webmasters/tools/ kemudian submit ulang alamat domain blog kamu dengan menggunakan https://.

tidak cuma itu juga kamu perlu membuat properti baru di Google Webmasters dengan menghapus properti blog yang lama serta membuat yang baru menggunakan domain blog kamu dengan https.

Cara Mengatasi Iklan AdSense yang tak muncul pada HTTPS


Kadang iklan dari Google Adsense tak muncul di halaman blog. buat mengatasi ini, kamu bisa menghapus kode JavaScript pada kode unit iklan kamu, kemudian menggantinya dengan kode yang lebih cocok.

Silahkan hapus kode dibawah ini

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

Kemudian simpan kode dibawah ini sebelum kode </body>

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
(function() { var ad = document.createElement('script'); ad.type = 'text/javascript'; ad.async = true; ad.src = 'https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'; var sc = document.getElementsByTagName('script')[0]; sc.parentNode.insertBefore(ad, sc); })();
//]]>
</script>

Sekian pembahasan mengenai Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain semoga bermanfaat buat anda. apabila ada hal yang mau ditanyakan, silahkan bertanya lewat kolom komentar dibawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel